Mengenal Lebih Jauh Standar Ukuran Baju Dalam Konveksi Baju

Ukuran baju dalam konveksi baju seperti yang diketahui selama ini tidak hanya dalam satu ukuran saja. Semua orang pasti tahu bahwa umumnya ukuran baju terdiri dari ukuran S, M, L, XL dan XXL. Ukuran ini memiliki standar tersendiri yang berbeda-beda antara satu konveksi dengan konveksi yang lain.

Jadi, saat membeli sebuah baju jangan heran jika ukuran S dengan merek tertentu ukurannya akan berbeda dengan merek yang lain. Namun, biasanya selisih ukuran tersebut tidak akan jauh berbeda. Hanya beberapa merek tertentu saja yang mengeluarkan ukuran baju yang sama dengan merek lain.

Standar Ukuran Baju dalam Konveksi Baju di Indonesia

Perbedaan ukuran antara satu konveksi dengan konveksi yang lain, tentunya sempat menimbulkan pertanyaan. Standar seperti apakah yang digunakan untuk ukuran baju dalam konveksi baju terkini. Untuk mengetahuinya berikut adalah standar ukuran yang paling sering digunakan untuk sebuah baju;

1.Standar Size Kemeja Pria

Ukuran baju dalam konveksi baju yang memproduksi kemeja pria memiliki standar size tersendiri. Biasanya standar size ini juga banyak digunakan oleh konveksi yang lain. Adapun standar ukurannya adalah untuk size S lebar kemeja 51 cm dengan panjang 67 cm. s

Size M standar ukuran baju dalam konveksi baju terbaru adalah lebar sepanjang 54 cm dengan panjang 71 cm. size L standar lebar 56 cm, panjang 73 cm. sedangkan untuk size XL standarnya adalah lebar 58 cm serta panjang kemeja 74 cm.

2. Standar Size Kemeja Wanita

Standar kemeja wanita juga memiliki size yang berbeda. Ukuran baju dalam konveksi baju yang memproduksi kemeja wanita untu size S adalah lebar 40 cm dan panjang 60 cm. sedangkan size M standar lebar dan panjangnya adalah 42 cm dan 64 cm.

Untuk standar size L memiliki ukuran lebar 45 cm dan panjang 70 cm. Bagi yang berukuran besar yaitu XL  masing-masing lebar dan panjangnya adalah 47 cm dan 73 cm. Ingin ekstra ukuran yaitu XXL sizenya lebih besar yaitu lebar 49 cm dan panjang 76 cm.

3. Standar Ukuran Kaos

Ukuran baju dalam konveksi baju juga meliputi kaos, karena banyak juga konveksi yang khusus memproduksi kaos saja. Adapun standar nasional yang sering digunakan adalah size S memiliki ukuran lebar 46 cm dan panjang 64 cm. Size M dengan standar 49 cm dan 67 cm.

Selanjutnya yaitu standar size L dengan lebar 52 cm dan panjang 70 cm. Kaos ukuran besar pun ada standarnya tersendiri yaitu size XL dengan ukuran lebar 55 cm dan panjang 73 cm. Biasanya antara satu konveksi dengan konveksi lain ukuran standar kaos akan sama.

4. Standar Ukuran Jaket

Standar ukuran jaket dalam sebuah konveksi pun ada. Ukuran baju dalam konveksi baju terkini tidak hanya meliputi baju saja. Jaket pun memiliki standar ukuran tersendiri. Standar size yang dipakai biasanya adalah S dengan lebar 52 cm dan panjang 64 cm.

Standar size M ukurannya adalah lebar 54 cm dan panjang 67 cm. Untuk ukuran L biasanya standar yang digunakan adalah lebar 56 cm dan panjang 70 cm. Ukuran XL standar sizenya adalah lebar 58 cm dan panjang 73 cm.

Dengan terdapatnya standar ukuran baju tersebut kini sudah tidak bingung lagi menentukan size apakah yang cocok. Tinggal menyesuaikan dengan standar tersebut. Untuk ukuran yang lebih besar dari XL biasanya terdapat standar tersendiri dan akan ada biaya lebih untuk size tersebut.

Baca juga: Sejarah Poker: Awal Kemunculan Dan Fenomenanya

Cara Mengukur Baju yang Tepat

Cara mendapatkan ukuran baju dalam konveksi baju yang tepat sebenarnya tidak sulit. Hal tersebut sebenarnya bisa dilakukan sendiri di rumah. Ingin tahu bagaimana cara mengukur baju yang tepat? Simak ulasannya di bawah ini;

1.Mengukur Lingkar Leher dan Lingkar Badan

Ukuran baju dalam konveksi baju pertama yang bisa dilakukan sendiri adalah dengan mengukur lingkar leher dan lingkar badan. Saat mengukurnya jangan mengukur terlalu ketat agar baju terlihat lebih longgar. Untuk ukuran tepatnya bisa ditambahkan 4 cm dari ukuran aslinya.

2.Lingkar Pinggang dan Lebar Punggung

Lingkar pinggang dan lebar punggung juga satu hal yang penting untuk menentukan ukuran baju dalam konveksi baju terbaik saat ini. Cara mengukurnya mudah yaitu melingkarkan tali pengukur kesekeliling pinggang dan lebihkan ukurannya beberapa cm.

Sedangkan untuk lebar panggung yaitu dengan mengukur dari batas tengah lengan kanan hingga kiri. Umumnya yang diukur berada di bawah tulang leher belakang. Ukuran ini pun bisa ditambahkan sedikit untuk menambah ruang.

3. Lebar Bahu dan Panjang Baju

Ukuran baju dalam konveksu baju terkait lebar bahu hampir tidak ada perbedaan yang mencolok. Cara mengukur lebar bahu adalah dari lekuk leher hingga ujung baju yang paling rendah. Sedangkan untuk panjang baju mulai dari pundak hingga sesuai panjang yang diinginkan.

Demikianlah ukuran baju dalam konveksi baju yang sering dijadikan standar. Semoga dengan adanya informasi standar tersebut tidak akan ada lagi kesulitan untuk menentukan ukuran baju yang sesuai. Semoga bermanfaat!.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *