4 Cara Mengurangi Similarity Turnitin Sampai 0%

Bagaimana sih cara mengurangi similarity Turnitin?

Hm, Turnitin menjadi salah satu alat yang paling diandalkan sekarang ini, khususnya pada dunia akademis. Namun tool tidak hanya bisa digunakan pada instansi pendidikan saja. Para jasa SEO specialist pun sering memanfaatkannya untuk mengecek keaslian dari sebuah konten.

Jika Anda baru saja mengetahui adanya Turnitin, jangan khawatir! Karena kami akan jelaskan lebih detail dari aplikasi tersebut termasuk dengan cara untuk mengurangi similarity-nya. Maka dari itu, simak penjelasan di dalam artikel ini sampai selesai. 

Apa Itu Turnitin?

Sebelum membahas cara mengurangi similarity Turnitin, ada baiknya jika kami jelaskan terlebih dahulu apa yang dimaksud dari alat tersebut. Turnitin adalah sebuah aplikasi untuk mengecek keaslian dari sebuah teks, kalimat, dan satu konten yang menyeluruh. 

Aplikasi ini memungkinkan semua pengguna untuk mengecek apakah ada plagiat dari konten yang telah dibuat. Jika memang terdeteksi adanya plagiat, Turnitin akan memberikan laporan apa saja sumber-sumber yang memiliki kemiripan dengan konten tersebut. 

Umumnya,  aplikasi ini digunakan oleh banyak instansi perguruan tinggi untuk mengecek plagiarisme dari sebuah karya ilmiah. Jika Anda seorang mahasiswa, sudah pasti harus familiar terkait penggunaan Turnitin. 

Cara Mengurangi Similarity Turnitin Paling Mudah

Setelah memahami penjelasan di atas, mari sekarang bahas bagaimana caranya mengurangi plagiarisme Turnitin. Untuk para mahasiswa pastinya akan sangat terbantu dengan cara yang akan kami berikan di bawah ini. Berikut penjelasannya. 

1. Menggunakan Teknik Parafrase

Salah satu cara menghilangkan plagiarisme di Turnitin adalah dengan melakukan ‘parafrasa’. Untuk Anda ketahui, teknik menulis ini adalah dengan melakukan pengubahan kalimat tertentu yang telah ditulis oleh pihak lain menggunakan bahasa dan gaya penulisan diri sendiri. 

Akan tetapi, untuk menggunakan teknik parafrase ini, Anda tidak boleh menghilangkan poin utama dari kalimat yang ada dan mencantumkan sumber aslinya. 

Teknik parafrase paling sering direkomendasikan untuk penulisan ilmiah. Meskipun menyertakan berbagai kutipan dari banyak sumber, namun parafrase menjadi salah satu teknik yang baik dalam cara mengurangi similarity Turnitin. 

2. Mencantumkan Sumber Referensi

Cara menurunkan plagiarisme online selanjutnya adalah dengan mencantumkan sumber referensi. Seperti yang sudah kami sebutkan sebelumnya, mengutip sumber menjadi hal yang tidak boleh dilupakan. 

Pasalnya, dengan menggunakan teknik parafrase di atas tidak bisa mengurangi plagiarisme apabila tidak menyertakan sumber yang jelas pada kalimat. 

Terlebih dengan mencantumkan sumber asli dapat menunjukkan rasa menghargai kepada orang yang sudah menuliskan informasi yang Anda butuhkan. Anda pun juga tidak akan dicap sebagai “tukang plagiat” yang suka mencuri ide orang lain. 

3. Menggunakan Sumber Yang Paling Kredibel

Cara menurunkan plagiarisme dengan cepat selanjutnya adalah dengan menggunakan sumber yang paling kredibel. Hal ini sangat penting untuk menyertakan atribusi ke dalam tulisan Anda. 

Akan tetapi, jangan sampai sumber yang dikutip sebagai sumber yang memang melakukan plagiarisme juga. Sumber paling kredibel yang kami maksud adalah sumber yang mempunyai informasi mengenai kapan sumber tersebut diterbitkan. 

Pasalnya, sumber yang kredibel sering menyertakan referensi lainnya seperti buku dan website sebagai referensi tambahan jika para pembaca ingin melihat sumber aslinya. 

Sumber terpercaya umumnya mempunyai domain website yang terpercaya. Domain seperti WordPress dan Blogspot umumnya dianggap sebagai sumber yang kurang kredibel. 

Sebab, informasi yang dicantumkan tidak dapat dipertanggungjawabkan. Terkecuali jika Anda mengutip kalimat dari sumber website seperti .org, .gov, dan .edu.

4. Cara Lainnya

Cara mengurangi similarity Turnitin lainnya yang paling ampuh bisa dengan menerapkan beberapa poin di bawah ini. 

  • Baca kembali teks yang digunakan sebagai referensi Anda. Pastikan Anda benar-benar paham makna dan substansinya agar bisa melakukan parafrase dengan mudah
  • Tulis ulang teks tersebut sesuai dengan pemahaman dan gaya penulis Anda, namun tanpa merusak esensi dan menghilangkan poin utama referensi
  • Manfaatkan KBBI online dan tesaurus untuk memudahkan Anda menemukan berbagai kata persamaan atau sinonim
  • Fokus dengan kalimat atau kata yang disorot pada Turnitin. Gantilah dengan teks yang baru agar plagiarisme tidak terdeteksi lagi
  • Ubah juga struktur kalimat aktif-pasif atau kalimat pasif

Penutup

Jadi, ada 4 cara mengurangi similarity Turnitin yang bisa Anda terapkan. Salah satu yang paling direkomendasikan adalah menggunakan teknik parafrase yang menuliskan ulang teks referensi ke gaya bahasa Anda sendiri.

Itulah beberapa ulasan dari kami mengenai cara mengurangi similarity turnitin. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda yang membacanya. Jangan lupa juga untuk mengikuti artikel menarik lainnya dari Solange-k.